Kamis, 06 September 2012

UJIAN UTAMA UAS 2012

UJIAN AKHIR SEMESTER
SISTEM OPERASI
TENTANG OS ORGANISASI
Dosen : Nahar mardiyantoro M.Kom



Disusun oleh :

Nama             : Amin nuryanto
Nim                : DTI201005
                                                Progdi           : D3 Teknik Informatika




SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER
(STMIK) WIDYA UTAMA PURWOKERTO
2011/2012





DAFTAR ISI
Halaman Judul  ............................................................................................ i
Daftar Isi........................................................................................................ii
Kata Pengantar......................................................................................... iii
BAB 1 PENDAHULUAN
A.          Latar Belakang ...............................................................1
B.          Tujuan dan Manfaat........................................................1
BAB II     PEMBAHASAN..............................................................................2
A.         Skalabilitas .....................................................................3
B.         Cross Platform................................................................4
C.        Tantangan untuk Platfrom................................................5
 BAB III                  PENUTUP......................................................................7                                                        
A.             Kesimpulan....................................................................8
B.             Saran..............................................................................8

DAFTAR PUSTAKA......................................................................................8


KATA PENGANTAR

Puji syukur penulis penjatkan kehadirat Alloh SWT, yang atas rahmat-Nya maka penulis dapat menyelesaikan penyusunan Tugas Ujian Akhir Semester  yang berjudul “OS ORGANISATION Robust, Scalable, Cross Platform”.
Penulisan makalah adalah merupakan salah satu persyaratan untuk menyelesaikan tugas mata kuliah “Operating System”
Dalam Penulisan makalah ini penulis merasa masih banyak kekurangan-kekurangan baik pada teknis penulisan maupun materi, mengingat akan kemampuan yang dimiliki penulis. Untuk itu kritik dan saran dari semua pihak. penulis harapkan demi penyempurnaan pembuatan makalah ini.
Dalam penulisan makalah ini penulis menyampaikan ucapan terima kasih yang tak terhingga kepada pihak-pihak yang membantu dalam menyelesaikan ini, khususnya kepada : 
     1.  Nahar Mardiyantoro.M.Kom selaku dosen pengampu mata kuliah Sistem Operasi.
  1. Rekan-rekan semua.
  2. Semua pihak yang tidak dapat disebutkan satu persatu, yang telah memberikan bantuan dalam penulisan makalah ini.
Akhirnya penulis berharap semoga Allah memberikan imbalan yang setimpal pada mereka yang telah memberikan bantuan, dan dapat menjadikan semua bantuan ini sebagai ibadah, Amiin Yaa Robbal ‘Alamiin
Purwokerto, 6  september  2012
                                                                                                        

Penyusun

BAB I
PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang.
System Operasi adalah salah satu mata kuliah yang bertujuan memberikan dasar pengetahuan tentang konsep kerja komputer dan alur kerja computer itu sendiri  kepada mahasiswa, yang meliputi system komputer dasar dan perkembangannya. Materi yang dibahas dlm makalah ini mengenai os organisasi.komputer dengan berbagai aspek didalamnya yang saling terkait satu sama lainnya. Lebih dari itu, komputer diharapkan dapat digunakan untuk mengerjakan segala sesuatu yang bisa dikerjakan oleh manusia baik dalam bidang pendidikan, kesehatan, industri, dan kehidupan sehari-hari sehingga peran komputer dan manusia akan saling melengkapi. Beberapa hal yang menjadi kekurangan manusia diharapkan dapat digantikan oleh komputer. Begitu juga dengan komputer yang tak akan berguna tanpa sentuhan manusia.
1.2 Tujuan Dan Manfaat      
Tujuan dan manfaat dari penulisan makalah  ini adalah:
1.    Memberikan pengalaman kepada penyusun untuk menerapkan dan memperluas wawasan penerapan teori dan pengetahuan yang telah diterima di dalam perkuliahan pada kegiatan nyata.
  1. Sebagai tugas dari mata kuliah Sistem Operasi
  2. Meningkatkan kinerja dan pola pikir penyusun.

1.3  Metode Penulisan
Dalam pembuatan makalah ini, penulis menggunakan metode pencarian referensi yang diperoleh dari internet. Antara lain slide-slide presentasi, portable document file  (pdf), blog, dan sebagainya.

BAB II
PEMBAHASAN
OS  ORGANISASI


2.1 Implementasi TCP/IP
Transmission Control Protocol/Internet Protocol (TCP/IP) adalah serangkaian protocol berstandar industri yang dirancang untuk wide area network (WAN). Microsoft Windows 2003 memiliki dukungan yang sangat luas untuk TCP/IP baik sebagai suatu rangkaian protocol maupun seperangkat layanan untuk konektivitas dan manajemen jaringan-jaringan IP. Di sini akan diuraikan tinjauan tentang konsep-konsep TCP/IP, terminologi, dan bagaimana standar-standar Internet dibuat. Anda juga akan belajar bagaimana Microsoft Windows 2003 berintegrasi dengan TCP/IP.
Keuntungan TCP/IP
Semua sistem operasi yang modern menawarkan dukungan TCP/IP dan kebanyakan jaringan yang besar mengandalkan pada TCP/IP untuk sebagian besar lalu lintas jaringannya. TCP/IP juga merupakan standar protocol untuk Internet. Selain itu, banyak utiliti konektivitas standar yang tersedia untuk mengakses dan mentransfer data di antara sistem-sistem yang tidak serupa. Beberapa utiliti standar tersebut, misalnya File Transfer Protocol (FTP) dan Telnet, disertakan di dalam Windows Server 2003. Jaringan-jaringan TCP/IP dapat dipadukan secara mudah dengan Internet. Karena popularitasnya, TCP/IP dikembangkan secara sempurna dan menawarkan banyak utiliti yang mampu meningkatkan penggunaan, unjuk kerja (performance), dan keamanan. Jaringan-jaringan yang didasarkan pada protocol transport lainnya, seperti ATM atau AppleTalk, dapat ber-interface dengan jaringan TCP/IP melalui suatu device yang dikenal sebagai gateway. Penambahan TCP/IP ke konfigurasi Windows Server 2003 memberikan sejumlah keuntungan.
Menawarkan suatu teknologi untuk menghubungkan sistem-sistem yang tidak serupa. TCP/IP termasuk routable dan dapat dihubungkan ke jaringan-jaringan berbeda melalui gateway
Memungkinkan untuk melakukan server framework atau client yang termasuk cross-platform, scalable, dan robust. Microsoft TCP/IP menawarkan WinSock interface, yang sangat ideal untuk mengembangkan aplikasi-aplikasi client/server yang dapat beroperasi pada WinSock-compliant stack dari vendor-vendor lain.
Memberikan suatu metode untuk memperoleh akses ke Internet. Dengan berhubungan ke Internet, sebuah VPN (virtual private network) atau extranet dapat ditentukan, yang bisa menghasilkan akses jarak jauh yang tidak mahal.
Selain itu, client-client Macintosh sekarang dapat memakai protocol TCP/IP untuk mengakses bersama-sama pada sebuah server Windows Server 2003 yang sedang mengoperasikan File Services for Macintosh (AFP [AppleShare File Server] pada IP), yang mengakibatkannya lebih mudah menuju jaringan dengan komputer-komputer Macintosh.

2.2 scalabilitas
Dalam dunia TI, skalabilitas  tampaknya memiliki dua kegunaan:

1) kemampuan aplikasi komputer atau produk (hardware atau software) untuk terus berfungsi dengan baik ketika (atau konteksnya) berubah dalam ukuran atau volume dalam rangka memenuhi kebutuhan pengguna. Biasanya, rescaling adalah untuk ukuran yang lebih besar atau volume. Rescaling dapat dari produk itu sendiri (misalnya, garis sistem komputer dengan ukuran yang berbeda dalam hal penyimpanan, RAM, dan sebagainya) atau dalam gerakan objek skalabilitas untuk konteks baru (misalnya, sebuah sistem operasi baru) .


2) kemampuan tidak hanya untuk berfungsi dengan baik dalam situasi Rescaled, namun untuk benar-benar mengambil keuntungan penuh dari itu. Sebagai contoh, program aplikasi akan skalabilitas jika bisa pindah dari kecil ke sistem operasi yang lebih besar dan mengambil keuntungan penuh dari sistem operasi yang lebih besar dalam hal kinerja (respon pengguna waktu dan sebagainya) dan sejumlah besar pengguna yang bisa ditangani.

Hal ini biasanya lebih mudah untuk memiliki skalabilitas atas daripada ke bawah karena pengembang seringkali harus membuat penuh penggunaan sumber daya suatu sistem (misalnya, jumlah penyimpanan disk yang tersedia) bila ada aplikasi yang awalnya dikodekan. Scaling produk bawah bisa berarti berusaha untuk mencapai hasil yang sama di lingkungan yang lebih terbatas.

2.3Cross platform
Lintas platform adalah istilah dalam teknologi informasi mengenai sebuah perangkat lunak (software) yang dapat digunakan di beberapa sistem operasi yang berbeda (Microsoft Windows, Linux, Mac OS, BSD dan lain sebagainya). Umumnya perangkat lunak yang memiliki kemampuan lintas platform adalah perangkat lunak bebas berikut ini contoh platform antara lain:
1.    Apache HTTP Server
2.    MySQL
3.    PHP
Dalam komputasi , cross-platform, atau multi-platform, adalah atribut yang diberikan kepada perangkat lunak komputer atau metode komputasi dan konsep yang diimplementasikan dan antar-beroperasi pada beberapa platform komputer . Cross-platform perangkat lunak dapat dibagi menjadi dua jenis; salah satu memerlukan bangunan individu atau kompilasi untuk setiap platform yang mendukung, dan yang lainnya bisa langsung dijalankan pada platform apapun tanpa persiapan khusus, misalnya, perangkat lunak yang ditulis dalam bahasa ditafsirkan atau pre-compiled portabel bytecode yang penafsir atau run-time paket komponen umum atau standar dari semua platform.
·         Sebagai contoh, sebuah cross-platform aplikasi dapat berjalan pada Microsoft Windows pada arsitektur x86 , Linux pada arsitektur x86 dan Mac OS X baik pada PowerPC maupun x86 berbasis Apple Macintosh sistem. Sebuah cross-platform aplikasi dapat berjalan pada sebanyak semua platform yang ada, atau sedikitnya dua platform.

Cross-platform perangkat lunak

Agar perangkat lunak untuk dipertimbangkan cross-platform, itu harus mampu berfungsi pada lebih dari satu arsitektur komputer atau sistem operasi . Ini bisa menjadi tugas yang memakan waktu mengingat bahwa berbagai sistem operasi yang berbeda memiliki antarmuka pemrograman aplikasi atau API (misalnya, Linux menggunakan berbeda API untuk aplikasi perangkat lunak daripada Windows tidak).
Hanya karena suatu tertentu sistem operasi dapat berjalan pada berbagai arsitektur komputer , itu tidak berarti bahwa perangkat lunak yang ditulis untuk sistem operasi secara otomatis akan bekerja pada semua arsitektur bahwa sistem operasi mendukung.

Tantangan untuk cross-platform pengembangan

Ada beberapa isu tertentu yang berkaitan dengan lintas-platform pengembangan. Beberapa di antaranya adalah:
  • Pengujian cross-platform aplikasi mungkin jauh lebih rumit, karena platform yang berbeda dapat menunjukkan perilaku yang sedikit berbeda atau bug halus. Masalah ini telah menyebabkan beberapa pengembang untuk mencemooh lintas-platform pengembangan sebagai "Write Setelah, Debug Everywhere", yang mengambil Sun "Tulis Sekali, Run Anywhere" slogan pemasaran.
  • Pengembang sering dibatasi untuk menggunakan common denominator terendah subset dari fitur yang tersedia pada semua platform. Hal ini dapat menghambat kinerja aplikasi atau melarang pengembang untuk menggunakan fitur platform 'yang paling canggih.
  • Platform yang berbeda sering memiliki konvensi antarmuka pengguna yang berbeda, yang cross-platform aplikasi tidak selalu mengakomodasi. Sebagai contoh, aplikasi yang dikembangkan untuk Mac OS X dan GNOME seharusnya menempatkan tombol yang paling penting di sisi kanan dari jendela atau dialog, sedangkan Microsoft Windows dan KDE memiliki konvensi yang berlawanan. Meskipun banyak perbedaan-perbedaan yang halus, sebuah aplikasi cross-platform yang tidak sesuai tepat untuk konvensi ini mungkin merasa kikuk atau asing bagi pengguna. Ketika bekerja dengan cepat, konvensi menentang seperti itu bahkan dapat mengakibatkan kehilangan data , misalnya di dalam kotak dialog konfirmasi apakah pengguna ingin menyimpan atau membuang perubahan pada sebuah file.
  • Bahasa scripting dan mesin virtual harus diterjemahkan ke dalam kode executable asli setiap kali aplikasi dijalankan, memberlakukan hukuman kinerja. Hukuman ini dapat diatasi dengan menggunakan teknik-teknik canggih seperti just-in-time kompilasi , tetapi bahkan menggunakan teknik tersebut, beberapa overhead komputasi mungkin tidak dapat dihindari.
  • Platform yang berbeda membutuhkan penggunaan format paket asli seperti RPM dan MSI . Multiplatform installer seperti InstallAnywhere , JExpress , InstallBuilder , atau IzPack alamat kebutuhan ini.
  • Cross-platform lingkungan eksekusi mungkin menderita cross-platform kelemahan keamanan, menciptakan lingkungan yang subur untuk cross-platform malware.



BAB III
PENUTUP
3.1. Kesimpulan.
Berdasarkan pembahasan diatas maka kami dapat simpulkan bahwa:
1.    Bahwa os organisasi sangat berpengaruh pada semua os dan hardware yang di dukung.
2.    Setiap perbedaan pabrikan hardware sangat berpangaruh pada kapasitas volume.
3.    Perbedaan OS berpengaruh pada program yang di jalankan dan platform sangat berpengaruh.

3.2 Kritik dan saran
Demikian yang dapat kami paparkan mengenai materi yang menjadi pokok bahasan dalam makalah ini, tentunya masih banyak kekurangan dan kelemahannya, kerena terbatasnya pengetahuan dan kurangnya rujukan atau referensi yang ada hubungannya dengan judul makalah ini. Penulis banyak berharap para pembaca yang budiman dusi memberikan kritik dan saran yang membangun kepada penulis demi sempurnanya makalah ini dan dan penulisan makalah di kesempatan – kesempatan berikutnya. Semoga makalah ini berguna bagi penulis pada khususnya juga para pembaca yang budiman pada umumnya.




DAFTAR PUSTAKA
http://heinrick.wordpress.com/category/blogroll/ http://searchdatacenter.techtarget.com/definition/scalability

Tidak ada komentar:

Posting Komentar