Rabu, 09 Mei 2012

REVIEW WINDOWS XP


TUGAS KELOMPOK
SISTEM OPERASI
REVIEW WINDOWS XP







  



Disusun Oleh
ROMAINAH     (MIR201006)
ANGGRIAN WAHYUDI     (DTI2010002)
ADRIK HARI MAMURI     (DTI201001)
AMIN NURYANTO     (DTI201005)
ITMANUDDIN     (SIR201008)


 

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER
( STMIK ) WIDYA UTAMA PURWOKERTO
2011-2012


KATA PENGANTAR
 
Dengan memanjatkan puji syukur kepada kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, yang melimpahkan rahmat dan hidanyahnya, sehingga penyusun makalah ini dapat terselesaikan dengan judul “ Windows XP ”.

Malakah ini disusun guna melengkapi tugas terstruktur mata kuliah Sistem Operasi. Pada kesempatan kali ini penyusun mengucapkan ucapan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu dan membimbing, sehingga penyusun dapat menyelesaikan makalah ini. Untuk itu perkenankan penyusun menyampaikan rasa Terimakasih pada :

1.    Bpk Nahar Mardiyantoro.M.Kom selaku Dosen mata kuliah Sistem Operasi (OS).
2.    Ayah dan Ibu tercinta yang selalu member semangat dan mendoakan agar penyusun dapat menyusun makalah dengan baik. Juga tak lupa terimakasih karena ayah dan ibu tercinta juga,telah membantu moril maupun materiil..
3.    Rekan-rekan satu Tim  yang telah bekerja keras untuk menyelesaikan makalah.
Dan dalam Penyusunan makalah ini kami Penyusun menyadari sepenuhnya bahwa makalah ini masih jauh dari sempurna. Untuk itu, demi tercapainya kesempurnaan makalah ini tim penyusun sangat mengharapkan saran dan kritik dari dosen pengampu.

Purwokerto,8 Mei 2012

Penyusun





Windows XP adalah jajaran sistem operasi berbasis grafis yang dibuat oleh Microsoft untuk digunakan pada komputer pribadi, yang mencakup komputer rumah dan desktop bisnis, laptop, dan pusat media (Media Center). Nama "XP" adalah kependekan dari "Experience". Windows XP merupakan penerus Windows 2000 Professional dan Windows Me, dan merupakan versi sistem operasi Windows pertama yang berorientasi konsumen yang dibangun di atas kernel dan arsitektur Windows NT. Windows XP pertama kali dirilis pada 25 Oktober 2001, dan lebih dari 400 juta salinan instalasi digunakan pada Januari 2006, menurut perkiraan seorang analis IDC.

Windows XP digantikan oleh Windows Vista, yang dirilis untuk pengguna volume license pada 8 November 2006, dan di seluruh dunia untuk masyarakat umum pada tanggal 30 Januari 2007. Banyak Original Equipment Manufacturer (OEM) dan juga penjual ritel menghentikan produksi perangkat dengan Windows XP pada tanggal 30 Juni 2008. Microsoft sendiri terus menjual Windows XP melalui Custom-built PC (OEM kecil yang menjual komputer rakitan) sampai dengan 31 Januari 2009. Windows XP mungkin akan tetap tersedia bagi para pengguna korporasi dengan volume licensing, sebagai sarana downgrade untuk komputer-komputer yang belum siap menjalankan sistem operasi baru, Windows Vista Business Edition
atau Ultimate Edition atau Windows 7 Professional.
1.    Boot Proccess

Untuk melakukan booting komputer, pertama tama harus menghidupkan komputer. Saat itu disebut cold boot. Komputer akan melakukan Power On Self Test (POST). Apabila saat ini ada error, maka akan direport melalui audio yang bernama beep-codes.Setelah POST, maka akan dilanjutkan BIOS yang melocate n membaca sistem konfigurasi.Ketika mendeteksi  device denga OS windows XP, ketika bios mengalokasi Master Boot Record (MBR).MBR mengambil os windows XP, pada windows XP disebut  NT Loader (NTLDR).
 2.   Dekstop

    Ini adalah Windows XP Desktop. Ada sejumlah hal yang perlu perhatikan tentang Desktop. Pertama, semua foto-foto sedikit di atas gambaran besar. (Layar Anda mungkin menyenangkan dan penuh warna). Ada 4 pada gambar













di atas. Gambar-gambar yang disebut ikon. Sedangkan pada windows 7 desktop visul lebih bagus dengan dapat berganti sendiri wallpapernya dan dapat mengotrol tapilan yg lain seperti taskbar besar kecilnya icon ,tetapi pada windows 7 lebih bosros memory karena tampilannya.

              3.Interface








Interface Windows XP sedikit berbeda dari versi sebelumnya dari Windows. Hal pertama yang Anda akan melihat (jika Anda menginstal XP sendiri segar) adalah kurangnya ikon desktop.
 
Selain itu, Start Menu berbeda, System Tray menyembunyikan ikon yang tidak digunakan (fitur favorit saya dari Windows XP), dan jendela akan "stack" jendela yang sama ketika Anda mulai mengisi Taskbar. Pada windows XP masih menggunakan Direcx 9c. Sedangkan pada windows vista Dx10 dan windows 7,8 menggunaka Dx 11 yang menghasilkan grafis yang lebih nyata.

Dari segi networking windows XP menggunakan TCP/iP v4.sedangkan pada windows 7 dan 8 sudah supor TCP/IP v6


 4. File Management
       Ketika Anda bekerja dengan komputer membuat dokumen lebih dan lebih, Anda perlu  find a way to keep this information organized. menemukan cara untuk menyimpan informasi ini terorganisir. Without a good organizational Tanpa organisasi yang baik method, all your files are lumped together in one place. metode, semua file Anda disatukan di satu tempat. Therefore, it is very Oleh karena itu, sangat  important to understand file management. penting untuk memahami manajemen file.  Understanding Drives, Folders and Files
 Memahami Drive, Folder dan File • When you create something (typically referred to as a document) on your .Bila Anda membuat sesuatu (biasanya disebut sebagai dokumen) pada computer it must be saved. komputer itu harus diselamatkan. The first time you save the document it becomes Pertama kali Anda menyimpan dokumen itu menjadi a file. file. Files are stored in folders on a disk. File disimpan dalam folder pada disk. *A drive is the hardware that seeks, reads and writes information to and from • * drive A adalah hardware yang mencari, membaca dan menulis informasi ke dan dari  a disk - which is where computer data is physically stored. disk - yang mana data komputer secara fisik disimpan. The terms disk and Disk syarat dan  drive are often used interchangeably. mendorong sering digunakan secara bergantian. Drives are identified by a letter. Drive yang diidentifikasi oleh sebuah surat
Tidak ada perbedaan yang signifikan dari windows XP dengan windows 7 tetapi di windows 7 kita dapat mencari file
        5.  File Ekstention
Cara menampilkan file ekstensi pada windows xp :


Klik pada menu Tools pada menu jendela folder dan pilih Folder Options pada menudrop-down.


Klik pada tab View, kemudian hilangkan centang di kotak centang ” Hide extensions for known file types” Klik OK untuk selesai.

6. Naming Files


N
          Semua file sistem yang didukung oleh Windows menggunakan konsep file dan direktori untuk mengakses data yang disimpan pada disk atau perangkat. Pengembang Windows bekerja dengan API Windows untuk file dan perangkat I / O harus memahami berbagai aturan, konvensi, dan keterbatasan nama untuk file dan direktori.
      Data dapat diakses dari disk, perangkat, dan saham jaringan menggunakan file I / O API. File dan direktori, bersama dengan ruang nama, adalah bagian dari konsep jalan, yang merupakan representasi string dari mana untuk mendapatkan data peduli apakah itu dari disk atau perangkat atau sambungan jaringan untuk suatu operasi tertentu.
      Beberapa sistem file, seperti NTFS, mendukung file berhubungan dan direktori, yang juga mengikuti konvensi penamaan file dan aturan hanya sebagai file biasa atau direktori

File dan Direktori Nama

 
Semua file sistem mengikuti konvensi penamaan umum yang sama untuk file individu: sebuah file base nama dan perpanjangan opsional, dipisahkan dengan titik. Namun, setiap sistem file, seperti NTFS, CDFS, ExFAT, UDFS, FAT, dan FAT32, dapat memiliki aturan khusus dan berbeda tentang pembentukan komponen individu di jalur ke direktori atau file. Perhatikan bahwa direktori adalah hanya sebuah file dengan atribut khusus menunjuk sebagai sebuah direktori, tapi selain harus mengikuti semua aturan penamaan yang sama sebagai file biasa. Karena direktori istilah hanya mengacu pada tipe khusus dari file sejauh sistem file yang bersangkutan, beberapa bahan referensi akan menggunakan file istilah umum untuk mencakup kedua konsep direktori dan file data seperti itu. Karena itu, kecuali dinyatakan khusus, setiap penamaan atau aturan penggunaan atau contoh untuk file juga harus diterapkan ke direktori. Jalan merujuk pada satu atau lebih direktori, backslashes, dan mungkin nama volume.


  7. Fitur and Accesbility
     Windows XP diketahui sebagai sebuah sistem operasi yang memiliki kestabilan yang telah ditingkatkan dari pendahulunya, dan juga memiliki efisiensi yang lebih baik daripada Windows 98, Windows ME, dan Windows 2000 Professional. Hal ini dikarenakan Windows XP menerapkan sebuah teknik manajemen software yang dapat menghindari apa yang disebut dengan "neraka DLL" atau "DLL HELL". Selain itu, tampilan Windows XP pun dirombak, hingga menjadi lebih mudah untuk digunakan.

 Daftar Pustaka
1.http://msdn.microsoft.com/en us/library/windows/desktop/aa365247(v=vs.85).aspx
2.http://www.microsoft.com/resources/documentation/windows/xp/all/proddocs/en-us/windows_fcab_rename_file.mspx

   


Tidak ada komentar:

Posting Komentar