Sabtu, 11 Februari 2012

Alternatif Selama Wikipedia Padam

       Wikipedia membuktikan ancamannya untuk menutup halaman situs Wikipedia berbahasa Inggris selama sehari penuh sebagai bentuk protes terhadap undang-undang antipembajakan, Stop Online Piracy Act (SOPA), dan Protect IP Act (PIPA).

Bagi sebagian orang, waktu 24 jam mungkin tidak terlalu panjang. Namun untuk mereka yang membutuhkan informasi dari Wikipedia, penutupan ini bisa sangat merepotkan.
Dikutip dari situs teknologi Mashable, berikut alternatif sumber informasi sebagai alternatif Wikipedia:


1. Google Scholar
Google Scholar merupakan mesin pencari yang digunakan untuk literatur, artikel, abstrak, dan opini dari kalangan profesional.

2. Wolfram|Alpha
Wolfram|Alpha merupakan mesin pencari berbasis komputasi yang menggunakan algoritma khusus berdasarkan asumsi yang spesifik untuk menjawab pertanyaan. Hasil pencarian juga dilengkapi dengan sumber dan referensi yang digunakan untuk situs ini dalam menentukan jawaban.

3. HARO
Ini merupakan situs yang berfungsi membantu jurnalis menemukan informasi yang mereka butuhkan. Situs ini mengklaim bahwa hasil pencarian sama persis dengan apa yang dibutuhkan oleh pengguna.

4. Encyclopedia Britannica
Encyclopedia Britannica merupakan situs yang selalu diperbarui oleh sekitar 100 editor dan lebih dari 4.000 kontributor. Situs ini merupakan salah satu ensiklopedia ilmiah yang tersedia secara online.

5. Quora.com
Quora merupakan jejaring informasi yang memungkinkan pengguna dapat terhubung dengan para pakar di berbagai bidang yang akan menjawab pertanyaan pengguna situs.

6. Project Gutenberg
Ada lebih dari 38 ribu arsip ebook yang tersedia dalam situs ini yang dapat diunduh dan dibaca melalui perangkat PC, Kindle, Android, ataupun iOS. Situs ini dapat diakses melalui www.gutenberg.org.

7. IMDb.com
Internet Movie Database (IMDb) merupakan sumber informasi yang sangat berguna, terutama yang berkaitan dengan industri hiburan seperti film, acara TV, aktor, sutradara, karakter fiksi, dan lain-lain.

8. History.com
Situs ini digunakan khusus untuk mendapatkan informasi seputar sejarah, termasuk mengenai sejarah pertempuran, konflik militer, hingga sosok tokoh ternama.

9. Encyclopedia.com
Ini merupakan salah satu situs referensi yang memberikan informasi dalam bentuk teks, gambar, ataupun foto.

sumber: TEMPO.COM

Tidak ada komentar:

Posting Komentar